RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 02
KEDUNGWUNI
Kelas/Semester : II/1
Tema : 1. Hidup Rukun
Sub
Tema : 3. Hidup Rukun di Lingkungan Sekitar
Pembelajaran : 5 (Lima)
Pertemuan : 1
Alokasi Waktu : 1 X Pertemuan (2 x 35 Menit)
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima, menjalankan,
dan menghargai ajaran agama yang di
anutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli , santun, dan percaya diri,
dalam berinteraksi dengan teman, guru dan siswa.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda – benda yang di jumpai di rumah dan sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis, dalam karya
yang ekstetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku
anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR
BAHASA INDONESIA
Dan menceritakan
pengalamanya
MATEMATIKA
1.3
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika, dan
memecahkan masalah dengan kalimat efektif dari masalah yang berkaitan dengan aktivitas
kehidupan sehari-hari.
C.
INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
1.2.1 Menyayangi
Tumbuhan
1.2.2 Memberi makan dan
membersihkan hewan piaraan.
1.2.3 menyebutkan nama
tumbuhan dan hewan yang ada di lingkungan sekitar.
Matematika
1.3.1 Menulis kembali
kalimat matematika yang berkaitan dengan permasalahan sederhana
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan
membaca teks bacaan tentang cara memelihara hewan piaraan dan tumbuhan yang ada
disekitarnya, siswa diharapkan mampu
2. Dengan
melakukan pengamatan secara langsung, siswa diharapkan mampu menggolongkan
hewan dalam jenis makanannya.
3. Dengan
berdiskusi dan melengkapi tabel, siswa mampu mengidentifikasi bagian-bagian
tumbuhan dan fungsinya dengan teliti dengan rasa ingin tahu
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
IPA
:- cara memelihara tumbuhan dan hewan
piaraan.
-
Nama hewan dan tumbuhan
MTK
: - Berhitung jumlah hewan piaraan.
F.
METODE
DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode : Ceramah, tanya jawab, diskusi,
penugasan
Model : Pembelajaran Berbasis
Penemuan (Discovery Learning)
Pendekatan :Saintifik ( Mengamati, menanya,
mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi atau mengolah informasi, dan
mengkomunikasikan )
G.
MEDIA,
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Media
& Alat Pembelajaran:
·
Teks bacaan cara
piaraan hewan , Gambar-gambar, Bagian tumbuhan.
2. Sumber
:
·
Diana, Karitas dkk.2014.
Buku Siswa SD Kelas 2 Tema 1 :Hidup Rukun di lingkungan sekitar. Jakarta :
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
H.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Discoveri
Learning
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Kegiatan Pembuka
|
|
a. Guru
membuka pelajaran dengan menyapa peserta didik dan menanyakan kabar mereka
b. Guru
meminta salah satu peserta didik untuk memimpin doa
c. Guru
melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan pembelajaran
d. Guru
meminta peserta didik untuk menyanyikan lagu satu nusa satu bangsa
e. Guru
memberi motivasi kepada peserta didik agar semangat dalam mengikuti
pembelajaran
f. Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru tentang kegiatan yang akan dilakukan dan
tujuan yang akan dicapai dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh
peserta didik
g. Memberi
tahu kepada peserta didik tentang tema yang akan dipelajari “ Hidup Rukun “
|
5 menit
|
Kegiatan inti
|
Stimulasi/ memberi rangsangan
|
a. Guru
membantu peserta didik untuk
membentuk 5 kelompok
b. Guru
mengajak peserta didik untuk bernyanyi “lihat kebunku”
c. Didalam
kelompok peserta didik disuruh mengamati tentang tumbuhan dan hewan yang ada
dilingkungan sekitar.
|
60 menit
|
Identifikasi masalah
|
a. Guru
meminta siswa untuk mengidentifikasi cara menyayangi tumbuhan dan hewan
b. Siswa
diajak mengamati gambar tumbuhan.
c. Guru
meminta siswa dalam setiap kelompoknya untuk mengidentifikasi bagian-bagian
tumbuhan beserta fungsinya bagi tumbuhan serta manfaat bagi manusia dengan
mengisi tabel
|
||
Pengumpulan data
|
a. Peserta
didik di beri kesempatan mengumpulkan informasi dari bacaan dan sumber lain tentang cara
memelihara hewan dan tumbuhan
b. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan hasil dari
pengamatan
|
||
Pembuktian
|
a. Guru
memberi penguatan materi tentang cara
memelihara hewan dan tumbuhan
|
||
Menarik kesimpulan
|
a. Pada
akhir pembelajaran guru bersama siswa menarik kesimpulan dari semua kegiatan yang telah di lakukan
|
||
Penutup
|
|
a. Peserta
didik bersama guru membuat rangkuman
b. Peserta
melakukan perenungan dengan menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa
c. Guru
meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sebagai penutup pembelajaran.
|
5 menit
|
I.
PENILAIAN
1. Teknik
Penilaian
a. Penilaian
sikap : Percaya diri, Disiplin dan
kerja sama
b. Unjuk
kerja : Keterampilan bermain
penjaga benteng dan membuat peta pikiran
c. Penilaian
Pengetahuan : Tes Lisan, Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Penilaian
sikap
Menggunakan
format penilaian sikap melalui observasi saat siswa bekerja dalam kelompok dan
mengikuti kegiatan bermain penjaga benteng
No
|
Nama
|
Percaya diri
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Ilman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Rizqi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Agus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Dony
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Bayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
1) Belum Terlihat (BT) :
1
2) Mulai Terlihat (MT) :
2
3) Mulai Berkembang (MB) :
3
4) Membudaaya (M) :
4
5) Berilah dengan “chechlist” atau “V” pada kolom yang sesuai.
Catatan :
Nilai skala pada masing-masing aspek akan dimasukkan dalam rekap
nilai keterampilan per tema dalam satu semester
1)
Rekapitulasi
hasil observasi sikap, diperoleh dari observasi terkait dengan sikap sosial
dari tema 1 s.d tema 4 yang telah dibuat pada rubrik dari tiap-tiap tema.
b.
Penilaian
Unjuk Kerja
Menggunakan instrumen penilaian
aktifitas unjuk kerja Lembar Observasi
(keg : bermain penjaga benteng)
No
|
Nama
|
Kemampuan
menjalankan aturan pada permainan
|
Kemampuan
menjaga benteng kelompoknya
|
Rata-rata
|
||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
Ilman
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Rizqi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Agus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Dony
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Bayu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1
= kurang
2= cukup
3= baik
4= sangat baik
Skor
maksimal = 8
Rubrik
Penilaian unjuk kerja permainan penjaga
benteng
No
|
Kriteria
|
A
|
B
|
C
|
D
|
1.
|
Kemampuan mengerti dalam
memelihara hewan dan tumbuhan
|
|
|
|
|
2.
|
Kemampuan dalam menyebutkan
nama-nama hewan dan fungsinya
|
|
|
|
|
Keterangan
:
A
= Sangat baik
B
= Baik
C
= Cukup
D
= Kurang
Nilai =
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Mujiono, S.Pd
NIP. 19600504 198012 1 007
|
Semarang,
Juni
2016
Guru Kelas II
Muh.Ilman
Nafian
NIP. 14120156
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar